//adsense

Friday, May 18, 2018

7 Cara Menghindari Lowongan Kerja Palsu

loker palsu

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat email dari Tim Rekrutmen Pertamina – ASI (rekrutmen.pertamina@asi-rekrutmen.com) mengenai cara mengenali rekrutmen palsu pertamina. Saya pikir ini adalah sebuah email yang sangat bermanfaat dan saya berniat membagikannya, mengingat begitu maraknya penipuan yang menggunakan lowongan kerja. Untuk menghindari hal tersebut, perhatikan beberapa point penting berikut saat melamar kerja:

1. Pastikan bahwa Anda pernah melamar di perusahaan tersebut
loker palsu

Apabila Anda menerima email atau pesan yang menyatakan bahwa Anda sudah lolos tahap administrasi dan diundang untuk mengikuti tahap psikotes / assessment test di alamat tertentu, pastikan terlebih dahulu apakah Anda memang pernah melamar kerja di perusahaan tersebut. Biasanya lowongan kerja palsu mengatasnamakan perusahaan – perusahaan besar, seperti Pertamina, Freeport, Bank Mandiri, Angkasa Pura dan lain sebagainya untuk menarik para korbannya.

2. Periksa alamat email dan website perusahaan
email palsu

Pada umumnya, lowongan kerja palsu menggunakan layanan web hosting dan email gratis, seperti gmail, yahoo, hotmail, blogspot, dsb, dan alamat website perusahaan palsu, serta oknum yang bersangkutan membuat alamat email yang mirip dengan email resmi perusahaaan. Secara umum, perusahaan menggunakan email perusahaannya saat melakukan rekrutmen, misalnya rekrutmen@pertamina.com untuk pertamina atau tim rekrutmen dari perusahaan tersebut, contohnya rekrutmen.pertamina@asi-rekrutmen.com (pertamina bekerjasama dengan ASI dalam melakukan seleksi).

3. Lowongan kerja resmi sangat jarang menyampaikan benefit dalam setiap informasi lowongan pekerjaan
Gaji Palsu

Anda harus mencurigai tawaran benefit yang tinggi pada saat mencari lowongan kerja, karena perusahaan sangat jarang mencantumkan benefit pada broadcast rekrutmen, dan gaji di perusahaan bersifat rahasia sehingga jarang diungkap di pengumuman lowongan kerja. Namun, terkadang ada perusahaan yang mencantumkan kisaran gaji yang diterima untuk posisi tertentu, contohnya pada aplikasi Jobstreet, terdapat beberapa perusahaan yang mencantumkan nominal yang diterima apabila diterima di perusahaan tersebut.

4. Lowongan kerja resmi tidak pernah memungut biaya apapun, walaupun hanya biaya pendaftaran
Travel Palsu

Suatu lowongan kerja resmi juga tidak pernah meminta biaya pendaftaran atau pun bekerjasama dengan travel tertentu selama rekrutasi. Jangan pernah mentransfer biaya sekecil apapun, saya pernah lihat loker palsu meminta biaya pendaftaran dengan nominal tertentu walaupun nominal tersebut tergolong kecil. Perusahaan tidak membutuhkan materi dari para pelamar kerja, mereka mencari SDM yang berkualitas untuk mengembangkan bisnisnya.

5. Tata bahasa tidak professional
Tidak EYD

Pada pengumuman rekrutmen palsu, terdapat banyak kejanggalan dalam pemilihan kata dan umumnya tidak sesuai EYD. Apabila menerima email seperti ini, Anda perlu menelusuri lebih lanjut mengenai informasi rekrutmen tersebut.

6. Hubungi contact perusahaan yang Anda lamar
contact pertamina

Terkadang oknum penipu langsung menghubungi pelamar yang mendaftarkan dirinya di lowongan kerja palsu. Pastikan email, telepon, dan sms yang masuk dengan menghubungi contact perusahaan yang Anda lamar agar Anda terhindar dari korban penipuan.


7. Carilah lowongan kerja di situs terpercaya
web resmi

Anda tidak akan menjadi korban penipuan lagi apabila mencari lowongan kerja di situs resmi perusahaan yang akan Anda lamar atau di beberapa situs loker resmi, misalnya jobstreet.co.id, karir.com

Bila Anda tertarik, berikut saya lampirkan isi email yang saya sebutkan tadi.

Rekrutmen Pertamina <rekrutmen.pertamina@asi-rekrutmen.com>
To: --

Kepada

Sdr./Sdri. Pelamar PT. Pertamina (Persero)

Sebagai update atas proses seleksi dan rekrutmen, Pertamina baru saja merilis video yang bermanfaat untuk dibagikan ke orang-orang terdekat. Video tersebut berisi tentang Tips & Trick Mengenali Rekrutmen Palsu Pertamina. Sehingga agar terhindar dari penipuan, kami menyarankan untuk membuka link video resmi dari Pertamina di https://www.youtube.com/watch?v=GZTfJnYVETs&feature=youtu.be . Sebarkan video ini ke teman-teman dan orang-orang terdekat ya!

Terima kasih dan terus berkarya untuk Indonesia!
(Manajemen ASI Asia Pacific)

Selesai.
Semoga bisa membantu Anda dalam menghindari lowongan kerja palsu dan jangan lupa untuk membagikannya ke teman Anda

Tetap Semangat !!